10 Negara Terluas di Dunia




Berikut 10 daftar negara terluas di dunia:

10. Aljazair

Negara ini masuk dalam kategori top 10 negara dengan luas wilayah terbesar di dunia. Berada di Afrika utara dengan luas wilayah 2.381.741 km persegi. Aljazair juga menjadi negara terluas atau terbesar wilayahnya di benua Afrika. 

9. Kazakhstan

Negara ini masuk dalam kategori top 10 negara dengan luas wilayah terbesar di dunia. Berada di Afrika utara dengan luas wilayah 2.381.741 km persegi. Aljazair juga menjadi negara terluas atau terbesar wilayahnya di benua Afrika

8. Argentina

Salah satu negara kedua di kawasan Amerika Selatan ini masuk dalam nomor urut delapan untuk kategori negara terluas di dunia dengan ukuran wilayah 2.780.400 km persegi. Menjadi negara dibawah luas wilayah Brazil.

7. India

Sebagai negara padat penduduk, wilayah India yang demikian besar sepertinya tak mampu menampung mereka. India masuk menjadi negara terluas nomor tujuh dunia dengan luas wilayah hanya setengah dari Australia berukuran 3.166.414 km persegi. 

6.Australia

Kita sering menyebut bahwa Australia adalah sebuah benua. Negara ini adalah benua terkecil di dunia, dengan luas wilayah 7.692.024 km persegi. Nomor enam terbesar di dunia, berada di bawah wilayah Indonesia, berada di antara samudera Pasifik dan Hindia.

5. Brazil

Ternyata Brazil memiliki ukuran luas wilayah yang sangat besar. Negara ini adalah negara dengan wilayah terluas di Amerika Selatan dan menjadi terbesar ke lima di dunia dengan luas wilayah 8.514.877 km persegi.

4.Amerika Serikat

Amerika masuk menjadi salah satu negara dengan wilayah terbesar di dunia, terluas kedua di benua Amerika setelah Kanada, dengan luas wilayah 9.629.091 km persegi. Amerika Serikat juga memiliki jumlah penduduk yang cukup besar.

3.China

Saat ini China memimpin untuk dua kategori terbesar di dunia, yakni area terluas di dunia dan penduduk terbanyak di dunia. Luas wilayah China adalah 9.706.961 km persegi. China menjadi negara terbesar di kawasan Asia.

2.Kanada

Kanada adalah negara terluas kedua di dunia, dan menjadi negara terbesar di benua Amerika. Luas wilayah Kanada keseluruhan adalah 9.987.670 kilometer persegi. Perairan yang dimiliki oleh Kanada juga menjadi yang terbesar di dunia dengan 8,93 persen wilayahnya adalah perairan.


1. Rusia

Rusia hingga kini menjadi negara terluas di dunia dengan luas wilayah 17.098.242 kilometer persegi. Meski Uni Soviet telah bubar, namun keberadaan Rusia sebagai negara pengendali Soviet dulunya masih tetap menyisakan wilayah yang sangat besar.


4 Responses to "10 Negara Terluas di Dunia"

  1. Uni Soviet adalah negara modern terluas

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Informasi yang menarik sekali gan, sangat membantu. Kunjungi juga kalau bisa situs kami Negara Terbesar Di Dunia

    BalasHapus